Perpustakaan Daerah Bengkulu Tengah, Wadah Peningkatan Literasi Masyarakat

Perpustakaan Daerah Bengkulu Tengah, Wadah Peningkatan Literasi Masyarakat
Perpustakaan Daerah Kabupaten Bengkulu Tengah, yang menawarkan berbagai fasilitas edukatif dan literasi tanpa biaya. (FOTO: DELIYA)

IKOBENGKULU.COM– Perpustakaan Daerah Kabupaten Bengkulu Tengah menjadi pusat literasi dan edukasi yang strategis bagi masyarakat, terutama kalangan pelajar dan mahasiswa.

Berlokasi di Desa Kembang Seri, Kecamatan Talang Empat, perpustakaan ini menyediakan berbagai fasilitas untuk mendukung aktivitas belajar yang nyaman dan produktif.

Desriani, salah satu staf layanan perpustakaan, menyebutkan bahwa setiap harinya perpustakaan dikunjungi sekitar 10 orang, dengan mayoritas pengunjung berasal dari kalangan pelajar SD, SMP, SMA, hingga mahasiswa. "Biasanya pelajar yang lebih sering datang karena lokasi perpustakaan dekat dengan sekolah-sekolah di sini," ujarnya, Selasa (16/10/2024).

Perpustakaan Daerah Kabupaten Bengkulu Tengah, yang menawarkan berbagai fasilitas edukatif dan literasi tanpa biaya. (DELIYA)

Selain menjadi tempat belajar, perpustakaan ini juga aktif menggelar berbagai kegiatan, mulai dari layanan perpustakaan keliling (Pusling), lomba-lomba literasi, hingga kunjungan sosialisasi ke luar sekolah.

Perpustakaan ini buka setiap hari Senin hingga Jumat dengan jadwal operasional Senin-Kamis pukul 07.45-15.30 WIB, dan khusus hari Jumat pukul 07.30-15.30 WIB. Fasilitas yang ditawarkan cukup memadai, termasuk koleksi buku dari berbagai genre, akses komputer, Wi-Fi gratis, serta lingkungan belajar yang kondusif.

Perpustakaan Daerah Kabupaten Bengkulu Tengah, yang menawarkan berbagai fasilitas edukatif dan literasi tanpa biaya. (FOTO: DELIYA)

Menariknya, perpustakaan ini juga memberikan layanan peminjaman buku tanpa dipungut biaya, sehingga semakin memudahkan masyarakat untuk mengakses sumber pengetahuan. "Harapan kami, perpustakaan ini bisa memberikan manfaat positif bagi pengunjung, dengan menambah ilmu pengetahuan dan wawasan mereka," kata Desriani.

Perpustakaan Daerah Bengkulu Tengah terus berupaya untuk meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat setempat melalui berbagai program dan fasilitas yang ada. ***

Jurnalis; Deliya

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index