Apel Siaga Karhutla 2024: Kapolres Bengkulu Utara Tegaskan Pentingnya Kerjasama

Apel Siaga Karhutla 2024: Kapolres Bengkulu Utara Tegaskan Pentingnya Kerjasama
Kapolres Bengkulu Utara, AKBP Pol. Lambe Patabang Birana, S.I.K., M.H., memimpin Apel Siaga Karhutla 2024 di Halaman North Rafflesia Mapolres Bengkulu Utara, diikuti oleh Forkopimda dan stakeholder terkait. (Humas)

IKOBENGKULU.COM-  Kapolres Bengkulu Utara, AKBP Pol. Lambe Patabang Birana, S.I.K., M.H., memimpin kegiatan Apel Kesiapsiagaan untuk penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Bengkulu Utara.

Acara ini berlangsung di Halaman North Rafflesia Mapolres Bengkulu Utara dan dihadiri oleh seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bengkulu Utara, Asisten 3, Dandim 0423 BU, Kajari, Ka PN Arga Makmur, Kalaksa BPBD, Kasatpol PP dan Damkar BU, Camat, serta berbagai stakeholder terkait.

Dalam amanatnya, Kapolres Bengkulu Utara menekankan bahwa apel siaga ini merupakan langkah penting untuk menyatukan persepsi dan koordinasi dalam pencegahan dan penanggulangan Karhutla di wilayah tersebut.

 Apel Siaga Karhutla 2024 di Halaman North Rafflesia Mapolres Bengkulu Utara, diikuti oleh Forkopimda dan stakeholder terkait. (FOTO: HUmas)

"Dengan dilakukan Apel Siaga ini, kita dapat memonitor bersama-sama dan mempersiapkan segala sesuatu untuk mengantisipasi terjadinya Karhutla," ujar Kapolres.

Kapolres juga mengingatkan masyarakat untuk tidak sembarangan membakar, terutama saat membersihkan dan membuka lahan. "Kita sudah mengimbau kepada masyarakat agar tidak membakar sembarangan, apalagi saat membersihkan dan membuka lahan," kata Kapolres.

Lebih lanjut, Kapolres menekankan pentingnya kerjasama antara seluruh stakeholder dalam menyelesaikan masalah Karhutla.

"Tidak bisa dilakukan hanya oleh satu pihak; perlu adanya kerjasama yang baik antara pemerintah, aparat, lembaga usaha, dan masyarakat. Mari kita saling bahu membahu agar bencana Karhutla tidak terjadi, sehingga tidak ada kabut asap yang merugikan semua pihak," harapnya.

Setelah apel siaga, kegiatan dilanjutkan dengan pengecekan kendaraan dinas Siaga Karhutla di Halaman Mapolres Bengkulu Utara untuk memastikan kesiapan operasional dalam menghadapi potensi kebakaran hutan dan lahan.

Dengan sinergi dan persiapan matang dari berbagai pihak, diharapkan Kabupaten Bengkulu Utara dapat mengantisipasi dan mencegah terjadinya Karhutla, menjaga lingkungan tetap aman dan bebas dari bencana kabut asap. ***

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index