Puskesmas Kepahiang Jadi Pilot Projek ILP: Tingkatkan Akses Layanan Kesehatan

Puskesmas Kepahiang Jadi Pilot Projek ILP: Tingkatkan Akses Layanan Kesehatan
Kankemenag Kepahiang yang diwakili oleh Kasi PHU Harlen Devis Munandar, S.Sos.I, M.H menghadiri kegiatan sosialisasi ILP sekaligus Kick Off ILP, Rabu (24/07/24) di Aula Zhuzhu Garden (FOTO: Bella/Kemenag)

KEPAHIANG, IKOBENGKULU.COM – Dalam rangka mendorong Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer (ILP) di Kabupaten Kepahiang, Kankemenag Kepahiang yang diwakili oleh Kasi PHU Harlen Devis Munandar, S.Sos.I, M.H menghadiri kegiatan sosialisasi ILP sekaligus Kick Off ILP. Acara ini berlangsung di Aula Zhuzhu Garden dan dihadiri oleh berbagai pejabat dan pemangku kepentingan.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati Kepahiang dan dihadiri oleh Kadis Kesehatan Provinsi Bengkulu, Kadis Kesehatan Kabupaten Kepahiang, Kadis PMD Pemda Kepahiang, serta kepala puskesmas dan camat se-Kabupaten Kepahiang. Kepahiang dipilih sebagai pilot proyek terbaik dalam layanan kesehatan berjenjang di Puskesmas, Pustu, dan Posyandu.

Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer

Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer bertujuan untuk menyatukan berbagai layanan kesehatan dasar menjadi satu kesatuan yang komprehensif. Pemateri menjelaskan bahwa selama ini terdapat kesalahpahaman tentang pembagian nama-nama kegiatan posyandu, seperti posyandu balita, posyandu remaja, dan posyandu lansia.

"Padahal semua itu sama dalam hal pelayanan, maka diharapkan kader bisa mensiasati penamaan kegiatan tersebut dengan sub kegiatan posyandu, sub posyandu remaja, sub posyandu lansia, dan sub posyandu balita," tutur pemateri.

Peran Kementerian Agama dalam Kesehatan
 

Meskipun kesehatan bukan fokus utama dari Kementerian Agama, Harlen Devis Munandar menyatakan bahwa Kementerian Agama akan turut ambil andil melalui forum-forum keagamaan dan penyuluh agama. "Kami dapat membantu Dinas Kesehatan dalam menyelenggarakan penyuluhan kesehatan di tempat-tempat keagamaan," ujarnya.

Pilot Projek Puskesmas Kepahiang

Dalam kegiatan ini, Puskesmas Kepahiang ditampilkan sebagai pilot projek ILP yang telah mengikuti pendidikan dan pelatihan di Bekasi. Harlen Devis Munandar berharap Kementerian Agama Kab. Kepahiang dapat membantu Dinkes untuk memastikan seluruh masyarakat dapat memperoleh akses yang sama terhadap layanan kesehatan yang berkualitas.

"Kami berkomitmen untuk bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Kabupaten Kepahiang," tambah Harlen.

Dengan adanya integrasi ini, diharapkan layanan kesehatan di Kabupaten Kepahiang dapat lebih terkoordinasi dan komprehensif, memberikan manfaat yang maksimal bagi seluruh masyarakat.***

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index