Taman Hutan Raya Rajo Lelo: Surga Hutan Tersembunyi di Bengkulu

Taman Hutan Raya Rajo Lelo: Surga Hutan Tersembunyi di Bengkulu
Taman Hutan Raya Rajo Lelo (FOTO: Sonefa)

IKOBENGKULU.COM - Bagi pencinta alam dan petualangan, Bengkulu menyimpan sebuah surga tersembunyi yang memikat, Taman Hutan Raya Rajo Lelo. Taman ini memiliki beragam kawasan konservasi, yang terletak di Desa Tanjung Terdana, Kecamatan Pondok Kubang, Kabupaten Bengkulu Tengah. Wisata ini membentang luas hingga 640 hektar.  Rajo Lelo menyimpan potensi vegetasi yang kaya, termasuk tumbuhan bawah yang tumbuh subur di dalamnya.
Taman Raya Rajo Lelo pada tahun 2018 kembali direnovasi untuk memikat daya tarik pengunjung dan menghidupkan suasana taman . Meskipun sudah berdiri cukup lama, Taman Hutan Raya Rajo Lelo terkesan sepi dan kurang diminati wisatawan.  Hal ini mungkin disebabkan oleh kurangnya fasilitas dan wahana hiburan yang menarik minat pengunjung.  Berbeda dengan tempat wisata populer lainnya yang ramai dikunjungi, taman ini terasa lebih tenang dan cocok bagi mereka yang mencari ketenangan dan kedekatan dengan alam. 

 Taman Hutan Raya Rajo Lelo (Foto: Sonefa)


Memasuki tahun 2024, Taman Hutan Raya Rajo Lelo kembali ramai dikunjungi.  Keindahan alamnya yang memikat dan berbagai spot foto yang menarik telah menjadi viral di aplikasi TikTok, menarik minat wisatawan untuk datang dan menikmati pesona alam Bengkulu yang masih terjaga."
Salah satu pengunjung, mengaku mengetahui tempat ini dari aplikasi TikTok.  Ia tertarik dengan keindahan alam yang tertangkap kamera dan memutuskan untuk berkunjung langsung. "Saya tahu tempat ini dari TikTok, dan ternyata memang benar-benar asri dan bagus.  Cocok untuk orang introvert, adem banget tempatnya." Ujar Falen. 

 Taman Hutan Raya Rajo Lelo (FOTO: Sonefa)


Taman ini bukan hanya sekedar destinasi wisata, tetapi juga tempat untuk melepas penat dan menikmati waktu luang  bersama keluarga. Pengunjung yang ingin masuk dan berwisata di Taman Hutan Raya  Rajo Lelo ini tidak dipungut biaya masuk dan parker motor, semua akses masuk itu gratis. 
Namun, sayangnya, taman ini masih terkesan sepi dan karna belum banyak wisatawan yang tahu. Harapannya, pemerintah atau masyarakat di sekitar ini berinisiatif untuk mengelola taman ini lebih baik lagi, sehingga para pengunjung dapat lebih menikmati suasananya.  Dengan pengelolaan yang lebih baik, Taman Hutan Raya Rajo Lelo dapat menjadi destinasi wisata yang lebih ramai dan menarik minat wisatawan dari berbagai daerah. “Harapannya adalah pemerintah atau masyarakat di sekitar ini berinisiatif untuk mengelola lebih baik lagi supaya pendatang pendatang yang baru bisa lebih menikmati suasanannya”. tambah Falen. (Sonefa Dwi Putri)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index