Diskusi Kesehatan Hari Pengayoman ke-79: Fokus pada Pencegahan dan Penanganan Nyeri Punggung Bawah

Diskusi Kesehatan Hari Pengayoman ke-79: Fokus pada Pencegahan dan Penanganan Nyeri Punggung Bawah
Dr. Lisa Emilda, SpKFR, Ketua Dharma Wanita Pengayoman, memberikan paparan tentang pencegahan dan penanganan nyeri punggung bawah kepada para peserta di Aula Soekarno, Kanwil Kemenkumham Bengkulu. (Humas)

IKOBENGKULU.COM– Dalam rangka mendukung program "Jumat Sehat, Jumat Produktif," Kanwil Kemenkumham Bengkulu mengadakan diskusi kesehatan bertema “Pencegahan dan Tata Laksana Komprehensif Nyeri Punggung Bawah” pada Jumat (16/08/2024).

Acara ini berlangsung di Aula Soekarno Kantor Wilayah dan dihadiri oleh pengurus dan anggota Dharma Wanita serta jajaran pegawai Kanwil Kemenkumham Bengkulu.

Diskusi ini dipimpin oleh dr. Lisa Emilda, SpKFR, yang juga menjabat sebagai Ketua Dharma Wanita Pengayoman. Dalam kesempatan ini, beliau memperkenalkan diri karena ini adalah pertemuan pertamanya dengan Dharma Wanita di lingkungan Kanwil Kemenkumham Bengkulu.

Setelah perkenalan, dr. Lisa langsung memaparkan materi mengenai Low Back Pain (LBP) atau nyeri punggung bawah secara detail.

Dr. Lisa menjelaskan bahwa LBP adalah gejala yang bisa menjadi indikator penyakit serius seperti herniasi diskus, inflamasi, infeksi, hingga kanker. LBP terbagi menjadi dua jenis, yakni spesifik dan non-spesifik LBP.

Dr. Lisa Emilda, SpKFR, Ketua Dharma Wanita Pengayoman, memberikan paparan tentang pencegahan dan penanganan nyeri punggung bawah kepada para peserta di Aula Soekarno, Kanwil Kemenkumham Bengkulu. (humas)

Untuk memahami penyebabnya, konsultasi medis sangat penting, dan tidak boleh dilakukan diagnosa sendiri.

Selain membahas gejala, dr. Lisa juga menjelaskan tata laksana komprehensif dalam pencegahan dan penanganan LBP, yang bisa dilakukan secara mandiri atau dengan bantuan tenaga medis.

Penjelasan beliau menarik antusiasme tinggi dari para peserta, yang kemudian mengajukan berbagai pertanyaan terkait LBP dan solusinya.

Pengurus dan anggota Dharma Wanita bersama jajaran pegawai Kanwil Kemenkumham Bengkulu menghadiri diskusi kesehatan dalam rangka Hari Pengayoman ke-79. (Foto: Humas)

Menanggapi pertanyaan peserta, dr. Lisa memberikan penjelasan yang mudah dipahami tentang penyebab umum LBP dan menawarkan alternatif penanganan yang bisa dilakukan. Diskusi ini diharapkan memberikan manfaat nyata bagi peserta, sesuai dengan peran Dharma Wanita dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Terlebih, informasi yang diperoleh dari acara ini dapat diterapkan dan disebarluaskan untuk kesejahteraan yang lebih luas.(ADS)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index