Konvoi Kapal Kirim Bantuan 400 Ton Makanan ke Gaza dari Siprus

Konvoi Kapal Kirim Bantuan 400 Ton Makanan ke Gaza dari Siprus
Kapal membawa makanan menuju Gaza. (Foto: PMJ/dok World Central Kitchen ).

Gaza, IKOBENGKULU.COM - Tiga kapal dan satu tongkang berangkat dari pelabuhan di Siprus pada Sabtu, 30 Maret 2024, menuju Gaza, membawa 400 ton makanan dan persediaan vital lainnya.

Inisiatif ini merupakan respons terhadap meningkatnya kekhawatiran kelaparan di Gaza, dengan World Central Kitchen (WCK) menyatakan bahwa bantuan ini cukup untuk menyediakan lebih dari satu juta makanan.

Menurut laporan Associated Press pada Minggu, 31 Maret 2024, kiriman tersebut termasuk bahan makanan siap pakai seperti nasi, pasta, tepung, kacang-kacangan, dan sayuran kaleng.

Selain itu, terdapat juga kiriman kurma dari Uni Emirat Arab, yang secara tradisional dikonsumsi oleh warga Palestina untuk berbuka puasa selama Ramadhan.

WCK mengatakan, "Kiriman ini bertujuan memberikan kenyamanan kepada warga Palestina yang menjalani Ramadhan dalam kondisi sangat sulit."

Ini menandai pengiriman bantuan kedua ke Gaza dari Siprus, dengan kapal pertama telah mengirimkan 200 ton makanan, air, dan bantuan lain pada awal bulan.

Jadwal kedatangan kapal-kapal bantuan ke Gaza belum dipastikan. WCK menyatakan telah mendistribusikan lebih dari 43 juta makanan ke Palestina melalui berbagai cara transportasi.

Meski begitu, pejabat kemanusiaan menekankan bahwa pengiriman melalui laut dan udara belum memadai, menyerukan Israel untuk membuka lebih banyak akses bantuan melalui jalur darat, sesuai dengan perintah Mahkamah Internasional PBB.***

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index