Partai NasDem Bantah Video Hoaks Surya Paloh Marahi Anies Baswedan: Waspada Deepfake dalam Pemilu 2024

Rabu, 24 Januari 2024 | 09:18:45 WIB
Anies Rasyid baswedan dan Surya Paloh (foto:rmol.id)

IKOBENGKULU.COM - Belum lama ini, beredar video yang diduga merekam suara Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, memarahi calon presiden nomor urut satu, Anies Baswedan, pasca-debat keempat.

Video tersebut mempertanyakan hasil survei yang selalu menempatkan pasangan AMIN di posisi terendah, disertai kritik terhadap data Anies dan kesalahan masa lalu Anies serta Cawapres Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dalam debat.

tangkapan layar video hoaks (tiktok)

Namun, Partai NasDem telah mengkonfirmasi melalui akun media sosial resminya bahwa rekaman tersebut adalah hoaks. Akun tersebut juga mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap penyebaran informasi palsu seputar Pemilu 2024.

Teknologi canggih seperti "deepfake", yang mampu mengkloning suara dan menciptakan video palsu, telah menjadi alat penyebaran disinformasi yang mengkhawatirkan.

Dalam kasus ini, suara yang digunakan juga diproduksi oleh Artificial Intelligence (AI), menegaskan bahwa video yang beredar adalah hoaks.

Dengan demikian, klaim bahwa rekaman suara telepon antara Surya Paloh dan Anies Baswedan adalah autentik, ternyata salah dan harus dikategorikan sebagai hoaks. ***

Terkini