PGMI ART UIN Fatmawati Bengkulu Gelar Seminar Nasional: Siap Cetak Calon Guru Unggul di Era 5.0

Kamis, 17 Oktober 2024 | 21:17:51 WIB
Seminar Nasional bertajuk "Siapkan Calon Pendidik yang Unggul Melalui Inovasi Teknologi, Kita Wujudkan Sistem Pendidikan yang Melahirkan Generasi untuk Menghadapi Tantangan di Era 5.0" (FOTO: SONEFA)

IKOBENGKULU.COM  -  Dalam rangka memperingati Anniversary Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) ART ke-8, Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno Bengkulu (UINFAS) sukses menyelenggarakan Seminar Nasional bertajuk "Siapkan Calon Pendidik yang Unggul Melalui Inovasi Teknologi, Kita Wujudkan Sistem Pendidikan yang Melahirkan Generasi untuk Menghadapi Tantangan di Era 5.0". Seminar ini menjadi wadah untuk  mengingatkan calon guru akan tanggung jawab besar yang mereka emban dalam membangun generasi yang literat di tengah era digital yang penuh tantangan, Kamis, 17 Oktober 2024. 

Seminar yang menghadirkan Tampu Bolon Suvardi, M.Pd., seorang guru, dosen, dan penulis berpengalaman,  menekankan pentingnya penguasaan teknologi dan  peran sastra dalam membangun karakter dan kecerdasan emosional siswa.

Peserta Seminar Nasional bertajuk "Siapkan Calon Pendidik yang Unggul Melalui Inovasi Teknologi, Kita Wujudkan Sistem Pendidikan yang Melahirkan Generasi untuk Menghadapi Tantangan di Era 5.0" (FOTO: SONEFA)



Tampu Bolon Suvardi dalam paparannya mengajak peserta untuk memahami perjalanan literasi dari masa ke masa,  mengingatkan bahwa meskipun teknologi berkembang pesat, bakat dan imajinasi manusia tetap menjadi kunci dalam menciptakan karya dan inovasi.  Beliau juga menekankan bahwa  teknologi harus dimanfaatkan secara bijak,  agar tidak mengendalikan manusia, tetapi justru membantu manusia untuk berkembang.

Seminar ini juga menjadi refleksi atas  keprihatinan terhadap rendahnya kemampuan membaca di kalangan siswa-siswi SD dan SMP di Indonesia.   Tampu Bolon Suvardi  fokus pada tantangan yang dihadapi calon guru di era 5.0, menekankan pentingnya penguasaan teknologi dan pengembangan metode pembelajaran yang inovatif.  Beliau juga membahas tentang pentingnya  mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa di era digital.

Seminar Nasional bertajuk "Siapkan Calon Pendidik yang Unggul Melalui Inovasi Teknologi, Kita Wujudkan Sistem Pendidikan yang Melahirkan Generasi untuk Menghadapi Tantangan di Era 5.0" (FOTO: SONEFA)



Seminar ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) ART UIN Fatmawati dan diikuti pula oleh peserta dari berbagai daerah melalui platform Zoom.

Seminar ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam mempersiapkan calon pendidik yang siap menghadapi tantangan krisis literasi di era 5.0.  Dengan melahirkan calon pendidik yang cakap teknologi dan memahami metode pembelajaran yang efektif, diharapkan sistem pendidikan di Indonesia dapat melahirkan generasi yang siap beradaptasi dengan perubahan dan mampu berkontribusi dalam membangun masa depan yang lebih baik. ***

Penulis: Nia Asri Juniarti 
Fotoby: Sonefa Dwi Putri

Terkini