Cara Sukses Menjadi Affiliate di Tokopedia: Promosikan Produk untuk Penghasilan Tambahan

Kamis, 11 Juli 2024 | 12:43:18 WIB
Tokopedia membagikan daftar produk paling laris di Tokopedia Affiliate sepanjang semester I 2023, membantu masyarakat maksimalkan penghasilan tambahan (FOTO: HO.IKOBKL)

IKOBENGKULU.COM - Tokopedia melaporkan lonjakan transaksi signifikan hingga lebih dari 23 kali lipat melalui program Tokopedia Affiliate. Program ini memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan membagikan link produk, toko, atau kampanye di media sosial.

Menurut Nirmala Hapsari, Associate Vice President of Content Marketing Platform Tokopedia, "Tokopedia Affiliate mempermudah siapa pun untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan membagikan rekomendasi link produk, toko, ataupun kampanye di media sosial, serta mendukung strategi pemasaran pelaku usaha menjadi lebih interaktif dan menarik."

Data internal Tokopedia menunjukkan beberapa daerah di Indonesia mengalami peningkatan signifikan dalam jumlah Affiliate, seperti Kota Tomohon (Sulawesi Utara) dan Kab. Morowali (Sulawesi Tengah), yang mengalami kenaikan lebih dari 1,5 kali lipat dalam penggunaan Tokopedia Affiliate.

Dalam upaya memaksimalkan komisi yang didapatkan, Tokopedia mencatat beberapa kategori produk paling laris di Tokopedia Affiliate sepanjang semester I 2023, termasuk daging dan seafood, sayur dan buah segar, gaming, makanan ringan, es krim, serta perawatan tubuh dan kecantikan dengan lonjakan lebih dari 23 kali lipat.

Nirmala menambahkan, "Di Pulau Jawa, kategori produk kesehatan, makanan dan minuman serta perawatan tubuh menjadi beberapa kategori produk yang paling banyak dibeli melalui Tokopedia Affiliate."

Untuk memaksimalkan kesempatan ini, Nirmala membagikan tiga tips sukses sebagai Affiliate Tokopedia:

1. Buat Konten Menarik di Media Sosial: Kreativitas dalam membuat konten di media sosial sangat penting untuk menarik perhatian pengguna. Pengguna juga dapat memanfaatkan peralatan seperti ring light, microphone, dan tripod untuk meningkatkan kualitas konten.

2. Pilih Produk Yang Populer atau Trending: Rekomendasikan produk-produk yang sedang populer atau trending untuk meningkatkan peluang penjualan dan komisi yang didapatkan. Tokopedia rutin membagikan daftar produk paling laris sebagai referensi.

3. Asah Kemampuan sebagai Kreator Konten: Manfaatkan Akademi Kreator Tokopedia untuk mengembangkan kemampuan sebagai kreator konten, termasuk membuat skrip video dan konten yang menarik audience.

"Dengan Tokopedia Affiliate, kami berharap dapat membantu pelaku usaha lokal menjangkau pasar yang lebih luas di era social commerce dan memudahkan masyarakat mendapatkan penghasilan tambahan," tutup Nirmala.

Untuk informasi lebih lanjut dan mendaftar sebagai Tokopedia Affiliate, kunjungi affiliate.tokopedia.com. ***

Terkini