Mendes PDTT: Pegiat Desa Penting dalam Meningkatkan SDM dan Pembangunan Manusia

Minggu, 07 Juli 2024 | 21:45:12 WIB
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar (FOTO: Kemendes PDTT)

IKOBENGKULU.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar, menekankan pentingnya peran pegiat atau pendamping desa dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di desa, Minggu (7/7/2024).

Menurutnya, upaya ini dilakukan melalui pelatihan dan pendampingan masyarakat desa dengan memahami ideologi pembangunan desa.

"Kita perlu memastikan bahwa paradigma, kerangka berpikir, dan cara kerja masyarakat desa sejalan dengan ideologi pembangunan kita, yaitu pembangunan manusia," kata Abdul Halim.

Beliau juga menekankan bahwa setiap warga desa memiliki peran penting dalam proses pembangunan desa, menghadapi tantangan masa depan seperti revolusi industri keempat dan persaingan teknologi abad ke-21.

"Mereka [pegiat dan pendamping desa] memiliki peran krusial dalam mendidik dan memberdayakan masyarakat. Pembangunan desa harus berfokus pada pembangunan manusia dalam setiap aspek, baik ekonomi maupun infrastruktur," jelasnya.

Pernyataan Mendes PDTT ini menegaskan bahwa kehadiran pegiat dan pendamping desa tidak bisa digantikan oleh teknologi, karena mereka memiliki kemampuan unik dalam menjalankan misi pendidikan dan pemberdayaan masyarakat.***

Terkini