Ahmad Repanza Terpilih Sebagai Mahasantri Terinspiratif dalam Haflah Khotmil Qur'an Mahad Al-Jami'ah UINFAS Bengkulu 2024

Ahmad Repanza Terpilih Sebagai Mahasantri Terinspiratif dalam Haflah Khotmil Qur'an Mahad Al-Jami'ah UINFAS Bengkulu 2024
Ahmad Repanza, mahasiswa Program Studi Al-Qur'an dan Tafsir semester 5, berhasil terpilih sebagai Mahasantri Terinspiratif dalam acara Haflah Khotmil Qur'an ke-X (FOTO: Deliya)

IKOBENGKULU.COM – Menghafal Al-Qur'an adalah cita-cita yang diinginkan banyak umat Islam. Tidak hanya menghafal, kemampuan untuk mentadaburi Al-Qur'an dan menerapkan ajarannya dalam kehidupan sehari-hari menjadi tujuan yang mulia bagi setiap penghafal.

Ahmad Repanza, mahasiswa Program Studi Al-Qur'an dan Tafsir semester 5, berhasil terpilih sebagai Mahasantri Terinspiratif dalam acara Haflah Khotmil Qur'an ke-X yang diselenggarakan oleh Mahad Al-Jami'ah UINFAS Bengkulu. Dengan hafalan sebanyak 7,5 juz, Ahmad merasa sangat bersyukur atas pencapaiannya ini.

"Sejak awal masuk kuliah dan menjadi santri di Mahad Al-Jami'ah UINFAS Bengkulu, Alhamdulillah saya bisa menghafal Al-Qur'an sampai sekarang. Pembagian waktu antara kuliah dan hafalan memang tidak mudah, tapi semua tergantung pada niat. Kalau kita ingin hafalannya banyak, kita harus rajin menghafal. Biasanya setelah Maghrib kami halaqah dan setoran hafalan kepada ustaz. Penghargaan ini membuat saya sangat bahagia," ujar Ahmad.

Acara yang berlangsung di Gedung Serba Guna UINFAS Bengkulu pada 15 Oktober 2024 ini diikuti oleh 75 peserta, baik Hafizh maupun Hafizhah. Para peserta yang telah menyelesaikan hafalan Al-Qur'an menerima penghargaan dalam suasana penuh kebanggaan.

Ahmad juga berbagi tantangan dalam proses menghafal Al-Qur'an sambil menempuh perkuliahan. "Tantangannya adalah membagi waktu antara kuliah dan hafalan. Walaupun sulit, harapannya ke depan saya bisa lebih semangat lagi dalam menghafal," tambah Ahmad.

Dengan pencapaiannya sebagai Mahasantri Terinspiratif, Ahmad Repanza berharap dapat terus menambah hafalannya dan menjadi teladan bagi santri lainnya. ***

Penulis: Deliya  
Fotografer: Deliya