Menag RI Ajak Umat Manfaatkan Tahun Baru Islam sebagai Momentum Hijrah

Menag RI Ajak Umat Manfaatkan Tahun Baru Islam sebagai Momentum Hijrah
Menag Yaqut Cholil Qoumas (Foto: Kemenag RI)

IKOBENGKULU.COM - Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas menekankan pentingnya Tahun Baru Islam 1 Muharam 1446 Hijriah sebagai waktu untuk introspeksi dan perbaikan diri.

Menurut Menag, bulan ini memuat berkah yang besar dan harus dijadikan inspirasi bagi umat Islam untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

"Tahun Baru Hijriah adalah momen hijrah Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah, sebuah peristiwa simbolis yang mengajarkan nilai-nilai perjuangan dan pengorbanan untuk mencari ridha Allah SWT," ujar Menag dalam pernyataannya, Minggu (7/7/2024)

Dia mengajak umat Islam untuk merenungkan makna hijrah ini sebagai dorongan untuk terus berkontribusi positif bagi masyarakat, bangsa, dan agama.

"Saya berharap Tahun Baru 1446 Hijriah ini membawa keberkahan, kedamaian, dan kebahagiaan bagi kita semua. Mari kita sambut tahun baru ini dengan semangat baru dan tekad yang kuat untuk bertransformasi menjadi pribadi yang lebih baik," tambah Menag.

Menag juga menyoroti perjuangan Nabi Muhammad SAW dalam menghadapi berbagai tantangan selama hijrah, yang akhirnya menghasilkan masyarakat Madinah yang adil dan sejahtera.

Dalam konteks ini, perayaan Tahun Baru Islam tidak hanya menjadi momen perayaan, tetapi juga ajang untuk memperdalam makna hijrah sebagai landasan bagi umat Islam dalam mengejar kebaikan dan kesejahteraan bersama.***